Sabtu, 17 April 2010

Animasi Karakter

Menurut gw animasi karakter adalah animasi dengan seni peran tokoh. Tokoh-tokoh dalam animasi karakter bisa manusia, setengah manusia, hewan, tumbuhan atau benda apa saja yang digerakkan.

Animasi karakter memiliki unsur penjiwaan atau di istilahkan bring it to life. Semua dibuat seperti nyata dan hidup. Boleh dibilang, animasi karakter jauh lebih komplek daripada animasi landscape/animasi modeling/animasi bangunan. Didalam animasi karakter, tidak hanya satu karakter yang dianimasikan. Tetapi ada beberapa tokoh animasi, bahkan bisa ratusan atau lebih. Menggerakkan satu karakter saja sudah memakan waktu lama, apalagi beberapa karakter yang saling ber interaksi. Bisa anda bayangkan betapa komplek nya. Selain pergerakan badan, animasi karakter juga menggunakan ekspresi raut wajah agar bisa lebih hidup lagi apalagi motion-motion pendukung pada animasi karakter seperti gerakan rambut dan pakaian. Komplek bukan???

Selain berinteraksi dengan karaktera lain, karakter-karakter tadi juga berinteraksi dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya loh... Seperti interaksi dengan motornya. Nah loh... ini kan animasi mekanik... animasi baru lagi. Untuk membuat animasi mekanik, kita harus tau pegerakan mekanik benda tersebut. Kalo dalam hal ini adalah pergerakan ban, shock breaker dan gerakan tubuh pengendara sewaktu mengendarai kendaraan tersebut.

Secara keseluruhan, animasi karakter itu adalah peningkatan dari animasi environment (lingkungan/lanscape/arsitektural dll). Karena dalam animasi karakter, semua aspek environment akan masuk kedalam animasi tersebut, walaupun hanya sebagai latar/background animasi. Weleh... weleh, tambah ribet aja ya... Hehe...
Tapi ada juga yang menggabungkan gambar asli ditarok sebagai background animasi tersebut. Sebagai latar nun jauh disana dengan efek blur sih gak masalah. Kalo environment itu dekat dengan karakter bagaimana??? Apalagi menggunakan kamera yang bergerak... Hehe.... semua objek environment mesti dibuat.

Suaranya bagaimana??? Nah... pada zaman sekarang nonton film bisu dah gak zaman lagi. Hehe... bisa dibayangkan juga bagaimana cara mengatur gerakan bibir dan ekspresi sewaktu karakter berbicara.... Selain itu, animator juga mempertimbangkan suara latar.... seperti bagaimana berbicara ditempat yang sepi, berbicara ditempat bising... Dari pengalaman gw bikin animasi, sebelum menggerakkan karakter... gw pasti persiapkan dulu suaranya. Proses ini gw kasih nama mengisi suara draft. Dan setelah selesai animasi... baru gw akan panggil dubber tuk ngisi suara lagi.

Untuk pembuatan animasi 3D, animator harus mempunyai logika yang kuat loh... Coba perhatikan proporsi bangunan, animasi fluida, pergerakan mekanik benda-benda, pergerakan body manusia, pengaturan timing karakter, pengaturan timing benda-benda dan lain sebagainya. So.... :)

Nah... yang terakhir tuh proses compositing yaitu menggabungkan animasi-animasi yang sudah di render menjadi rangkaian cerita yang menarik.

Mmmm... sekarang mari kita berbicara masalah yang sangat sensitif... Budget... Hehe....
Untuk animasi, sebenarnya tak ada ukuran budget yang sesuai. Terkadang seni tidak bisa dinilai. Tetapi karena orang seni perlu biaya tuk makan siang, makan malam dan makan pagi... maka wajib dibayar dengan harga yang pantas. Harga yang pantas itu yaaaa............ sesuai dengan tingkat kerumitan dan lama pengerjaannya.

mmmm.... Apakah ada yang terlewatkan dari tulisan ini????
hehe... sekian aja deh... Ntar kalo ada kurangnya ato kelupaan, gw tambahin dan edit lagi...

Berikut gw kasih contoh animasi karakter buatan gw taon 2007 lalu, berikut animasi mekanik yang ada didalamnya
 

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Animator yg Arsitek ato Arsitek yang animator... salam. Kalo blh tahu, di Jakarta dimana kursus animasi yg bagus?

Nitza mengatakan...

Ups, maaf pak David... aku baru tau ada komen. Karena gak ada notification nya di emailku :(

:) saya sebenarnya lulusan Teknik Sipil. Semua saya pelajari secara otodidak. :D

Saya kurang tau tempat belajar animasi ato 3D di Jakarta. Mungkin saya bisa rekomendasikan IDS (Iternational Design School). Coba googling aja, pak.

Kalo pak David, kerja sebagai apa?

Mungkin bapak bisa add FB saya ato email saya di nitzaalfinas@yahoo.co.id

YM saya : nitza_alfinas@yahoo.com

Salam, pak :)

Sadeco X mengatakan...

a keyen lo yeach....,,,mmm
dAk jadI iPat baRaja aNimasi dO da...
baRu kApaHam kOmputer Uda Lah paI sE....,,,mOga taMbaH sUksEs sELaH dA....,,,mmm